728x90 AdSpace

atribusi

RENUNGAN

RENUNGAN

Selasa, 23 Januari 2018

ANTARA SITUASI PAPUA TERKINI DAN PESAN DI MEDIA ONLINE


Ilustrasi Google


                                                  Papua Masa Kini
Akhir-akhir ini media di seantero Papua meliput dengan berita mengenal kematian orang Papua. Di media online begitu banyak orang memposting rasa duka mereka karena ditinggal orang tercinta. Kebanyakan kematian itu terjadi pada usia anak dan remaja. Terakhir yang masih panas dan menjadi perhatian banyak kalangan adalah kematian anak dalam jumlah besar di Asmat... .
                                               Pesan di Media Online
Beberapa teman saya di media online Facebook mengirim video clip. Video yang berdurasi singkat itu mengisahkan beberapa orang yang meninggal tiba-tiba. Mungkin benar atau tidak video itu namun dalam pesan itu memberikan makna mendalam yakni "kematian itu misteri". Kematian itu akan datang kapan dan di mana saja. Dalam keterangan di akhir mengajak untuk bagikan pesan tersebut kepada sesama....
Tanggapan Saya akan Pesan tersebut dengan realita Situasi Papua Terkini. Pesan manis di video clip tersebut mengingatkan saya kepada beberapa tulisan kritis yang menggambarkan permainan yang sengaja diciptakan oleh kelompok orang dan menyebarkan pesan moral yang bersifat religion, situational dan manis dilahap kalangan umum. Termenung sejenak dan muncullah dalam hati berbagai pertanyaan yang membawa saya untuk menulis tulisan singkat ini. Pertanyaan yang muncul yakni:
1. Ada apa dengan situasi yang terjadi di Papua akhir-akhir ini???
2.Maksudnya apa dengab pesan video clip tersebut???
3. Apakah ini adalah sebuah permainan sebagaimana yang saya lahap dalam tulisan kritis itu???
Pesan dari saya:
Mari menjawab pertanyaan di atas dengan seksama. Setiap orang Papua harus jeli membaca setiap pesan dari sesama kita.
Kita di ambang kepunahan.
sumber Media Facebook