728x90 AdSpace

atribusi

RENUNGAN

RENUNGAN

Kamis, 15 Maret 2018

KEBERHASILAN REFORMASI BIROKRASI KOREA SELATAN

penyusunan perencanaan program bidangekonomi

KEBERHASILAN REFORMASI BIROKRASI KOREA SELATAN
Ketiadaan sumber daya alam ternyata tidak tidak menjadikan Korea Selatan menjadi negara lemah. Hal ini sudah dibuktikan oleh negeri dengan julukan "Macan Asia" ini. Keterbatasan telah berhasil mendorong Korea Selatan untuk fokus pengembangan teknologi. Saat ini, Korea Selatan bahkan telah menduduki peringkat nomor satu dunia dari aspek pengembangan teknologi informasi. Keberhasilan ini tidak terlepas dari pendidikan Korea Selatan.
Ada hal yang unik dari masyarakat Korea Selatan, yaitu perhatian yang sangat besar terhadap pendidikan anak-anaknya. Meskipun hidup dalam garis kemiskinan, mereka tetap akan mencurahkan tenaga untuk pendidikan anak-anaknya. Ada prinsip yang luar biasa dari masyarakat Korea Selatan, yakni melalui pendidikan tinggi maka orang akan bisa hidup sukses dan dapat membantu kehidupan keluarga.
Kekaguman akan kehebatan pendidikan di Korea Selatan juga diakui oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Di Korea Selatan hanya ada kata "Belajar". Warga Korea Selatan banyak belajar di luar negeri dan mereka akan kembali untuk mengembangkan negerinya.
Perlunya momentum untuk melakukan perubahan adalah bagian dari komitmen seluruh lapisan masyarakat yang ada. Presiden terpilih, Kim Dea Jung, diakui pemerintah Korea Selatan, sebagai momentum berharga yang bisa membawa negeri Ginseng ini untuk mengubah wajah birokrasi negara Korea Selatan.
Pesan singkat dari Korea Selatan, "Selamat membangun


Tidak ada komentar: