728x90 AdSpace

atribusi

RENUNGAN

RENUNGAN

Selasa, 16 September 2014

Danau Makamo, Miniatur Pulau Irian Jaya

ungkapan yang tepat untuk Danau Makamo. Perairan yang tersembunyi di Kabupaten Dogiyai – Provinsi Papua ini masih sangat alami. Oleh masyarakat sekitar danau ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan yakni sebagai sumber makanan bergizi, karena banyak terdapat ikan dan di sekitar danau banyak hidup hewan-hewan kecil.

Dikelilingi lembah hijau yang menawan, telaga seluas 1.500 Ha ini menyimpan sejuta potensi. Yang unik dari Danau Makamo adalah bentuknya yang nampak mirip dengan pulau Irian Jaya.

Keindahan dan pesona tanah Papua terlukis di perairan.

Tour De Indonesia menghadirkan eksplorasi Danau Makamo karena belum terjamah oleh wisatawan, padahal danau ini sangat indah dan memiliki potensi wisata yang sangat besar apabila dieksplorasi lebih jauh.

yang terindah diatas senandung awan, gunung semenjang Odedimi yang selalu menjadi tempat hiburan bagi orang dewasa maupun anak-anak sekolah sebagai tempat rekreasi yang paling menyenangkan.
telaga Makamo inipun memiliki kadar air yang sangat bagus untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit bila di minum, langsung dari sumber airnya (di puduu tetaida).
Danau Makamo ini dahulu kala sangat luas dan besar, namun setelah dibuat got, parit sehingga sekarang semakin mengecil dan sedang dan akan tertutupi oleh rumput (titi duba). Air danau maka keluar mengalir dari kepala air kepoyokaibo ya kotu mengalir menuju abaimaida melewati beberapa desa yakni: Bukapa, Putapa dan Muniyopa bermuara ke Sungai Mauwa di depan SD YPPK Muniyopa mengalir menuju kali Edege.

Tidak ada komentar: