Kantor
Cabang Bank Papua yang berada di kompleks Ruko Raflesia Babarsari Depok
Barat Sleman merupakan kantor cabang ke-lima di luar propinsi Papua dan
Papua Barat dari total 165 jaringan kantor di seluruh pelosok
Nusantara.
Pilihan Yogyakarta sebagai
lokasi baru menurut Direktur Utama Bank Papua Johan Kafiar, SE. MM,
banyak warga Jogja di Papua berkontribusi membangun Bumi Papua, sehingga
pihaknyapun berupaya untuk bisa hadir di Yogyakarta, sebagai imbal
balik hubungan baik tersebut, turut berpartisipasi menyediakan modal
usaha terutama bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang berkembang
secara dinamis di Jogja.
Sasaran yang
akan dicapai Bank Papua di tahun 2014 adalah menjadi BPD Regional
Champion, dan untuk itu pihaknya telah mencanangkan tiga pilar utama
yakni ketahanan kelembagaan yang kuat, kemampuan Bank sebagai Agent of
Regional Development serta kemampuan dalam melayani kebutuhan
masyarakat.
Bermodalkan 10,9 Trilyun
Rupiah di tahun 2010 maka memasuki tahun 2014 ini modal tercatat menjadi
17,8 Trilyun rupiah. Mengingat luasnya bumi Papua seluas tiga kali
pulau Jawa dengan demografi penduduk yang sedikit namun terpencar, maka
hal itu menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk menekan Net
Interest Margin (NIM) dari 7 % menjadi 5,5 % di tahun 2014.
Dari
indikator pencapaian Regional Champion tersebut, pihaknya terus
mengupayakan menaikkan modal inti minimal sebesar satu trilyun rupiah di
tahun 2014 dan memiliki rasio Return On Assets (ROA) minimal 2,5 %.
Sebagai
Agent of Regional Development, Bank Papua mengacu pada pertumbuhan
kredit minimal 20 % per-tahun dan portofolio kredit produktif menjadi
minimal 40 % di tahun 2014. Kemudian untuk rasio Loan To Deposit (LDR)
di tahun 2014 berada pada level 78 hingga 100 %. Sedangkan pada
penghimpunan dana msyarakat di luar dana Pemerintah Daerah sebesar 70 %.
Kini
seluruh Kantor Cabang Bank Papua dengan 2400 karyawan, sudah menerapkan
layanan On Line dan Electronic Banking System, dengan 248 ATM yang
tersebar di seluruh Indonesia dan layanan ATM Bersama guna mempermudah
akses bagi masyarakat, sesuai misi sebagai Bank yang berdaya saing
tinggi dengan layanan prima dari sebuah bank komersial yang unggul dan
terpercaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar